Skip to main content

Cara Menangani dan cegah Batu Ginjal yang Tepat


Batu ginjal bisa diobati dengan beberapa cara, tergantung ukuran dan penyebabnya. Untuk mengatasi batu ginjal yang berukuran kecil, Anda dapat mengonsumsi air putih sebanyak 2 sampai 3 liter, atau 8 hingga 10 gelas per hari. Cara ini bisa membantu membilas endapan batu ginjal berukuran kecil dari ginjal dan saluran kemih Anda.



Selain minum air putih, batu ginjal juga bisa ditangani dengan cara di bawah ini:

Mengonsumsi obat pereda rasa sakit
Ketika batu ginjal bergerak dari ginjal menuju ke saluran kemih, Anda mungkin akan merasakan sakit di saluran kemih. Dalam kondisi ini, Anda bisa mengonsumsi paracetamol atau pereda nyeri lainnya sesuai anjuran dokter, untuk meredakan rasa sakit yang dialami.
Menjalani pengobatan medis
Untuk membantu mengatasi batu ginjal, dokter juga bisa memberikan obat-obatan golongan alpha blocker. Pengobatan ini bermanfaat untuk melemaskan otot saluran kemih, sehingga memudahkan batu ginjal untuk keluar dari dalam tubuh tanpa menyebabkan rasa sakit.
Mengonsumsi obat herba
Sebagai pengobatan alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi obat herba. Salah satunya adalah obat herba yang mengandung daun kejibeling dan daun tempuyung. Kedua tanaman tersebut mengandung senyawa bioaktif flavonoid dan diyakini memiliki khasiat untuk mengatasi batu ginjal. Meski sudah sejak lama digunakan di Indonesia, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas pengobatan tradisional ini.




Cara Mencegah Batu Ginjal sebelum Terlambat
Sebelum terjadi pembentukan batu ginjal di dalam tubuh, alangkah baiknya jika Anda mulai menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengonsumsi air putih dan rutin berolahraga. Anda juga bisa mencegah batu ginjal dengan beberapa cara di bawah ini:

Perbanyak makanan berkalsium tinggi
Ada beberapa jenis makanan yang tinggi kalsium, antara lain sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau bok choy, juga ikan sarden dan ikan salmon.
Kurangi konsumsi garam
Kandungan garam di dalam urine yang terlalu banyak akan menghambat penyerapan kalsium dan meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.
Hindari suplemen vitamin C
Kebiasaan mengonsumsi suplemen vitamin C, khususnya pria, menyebabkan risiko batu ginjal meningkat. Lebih baik pilih makanan yang mengandung vitamin C secara alami.
Batasi konsumsi protein hewani

Protein hewani yang terdapat pada daging unggas, babi, dan beberapa jenis ikan bersifat asam. Jika kandungan asam pada urine meningkat, risiko terbentuknya batu ginjal pun meningkat.

Comments

Popular posts from this blog

Ciri-ciri Sahabat Sejati

Hello Guys ! ;;) Ketemu lagi dengan gue, yang udah lama enggak posting ;D Hari ini gue bakal kasih tau kalian, bagaimanasih ciri-ciri sahabat yang bener bener sahabat/sahabat sejati itu? Penasaranan? Yukkkk langsung ajadeh ;) Guys ini menurut pengalaman gue yah ;) setelah gue jalanin persahabatan bertahun-tahun , baru sekarang gue tau sahabat sejati itu yang seperti apa :) dan ini perlu lo lo semua tau , biar ENGGAK ketipu sama yang pura-pura jd sahabat doang. 1. Sahabat Sejati selalu merangkul Sahabat selalu ngerangkul kamu apapun keadaan kamu, disaat kamu sedih,sakit,maupun susah BUKAN  hanya merangkul disaat kamu sedang bahagia dan tidak ada masalah saja. 2.Sahabat Sejati tidak pernah membicarakan kamu dibelakangmu Jika memang dia benar benar seorang sahabat dan menyayangimu, dia tidak akan pernah membicarakan kamu dibelakangmu,  tidak pernah mengumbar curhat/rahasiamu, tidak pernah membicarakan kesalahanmu dibelakangmu. Kembali kepada nomor 1 tadi, Sahaba

Ciri-Ciri Lelaki Gay (HOMO)

1. Suka memuji ketampanan lelaki lain 2. Suka menyentuh atau mencuit tubuh badan lelaki lain 3. Suka merenung lelaki lain dengan pandangan tajam 4. Suka menarik perhatian lelaki yang diminati 5. Sukar memuji kecantikan seorang wanita 6. Ada juga yang menutup-nutupi sifat Gay-nya dengan cara berpenampilan seperti lelaki yang menyukai perempuan 7.Bersifat angkuh jika melihat perempuan cantik maupun yangn sederhana 8.Jika didekati oleh perempuan dia sekeras mungkin akan berusaha untuk menghindari perempuan tersebut

Sheila On 7 - Lapang Dada

Apa yang salah dengan lagu ini Kenapa kembali ku mengingatmu Seperti aku bisa merasakan Getaran jantung dan langkah kakimu Ke mana ini akan membawaku Kau harus bisa Bisa berlapang dada Kau harus bisa Bisa ambil hikmahnya Karena semua Semua tak lagi sama Walau kau tahu dia pun merasakannya Di jalan yan setapak kecil ini Seperti ku mendengar kau bernyanyi Kau tahu Kau tahu Rasaku juga rasamu Kau harus bisa Bisa berlapang dada Kau harus bisa Bisa ambil hikmahnya Karena semua Semua tak lagi sama Walau kau tahu dia pun merasakannya Ke mana ini akan membawaku Aku takkan pernah tahu Kau harus bisa Bisa berlapang dada Kau harus bisa Bisa ambil hikmahnya Karena semua Semua tak lagi sama Walau kau tahu dia pun merasakannya Mengirim cahaya untukmu