Skip to main content

Jangan Tertukar, Begini Cara Membedakan Jerawat dan Biang Keringat Pada Kulit



Sehabis olahraga, misalnya lari pagi atau main futsal, badan Anda sudah pasti akan dibanjiri oleh keringat. Walaupun tandanya sehat, keringat juga bisa menimbun bakteri dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan biang keringat.

Ketika muncul benjolan merah di wajah, Anda mungkin langsung yakin bahwa hal tersebut merupakan jerawat. Namun jika muncul di bahu atau punggung, hal ini bisa jadi merupakan jerawat, tapi di sisi lain mungkin juga biang keringat. Lantas, bagaimana cara membedakannya?

Cara membedakan jerawat dan biang keringat
Jerawat dan biang keringat memang sekilas tampak mirip. Ya, keduanya sama-sama berupa bentol kecil yang berwarna kemerahan.

Selain itu, jerawat juga tidak hanya bisa muncul di wajah, tapi juga bisa di punggung, bahu, ketiak, hingga paha bagian dalam. Biang keringat pun juga demikian, meski memang lebih sering muncul di lipatan-lipatan kulit.

Walaupun punya banyak kesamaan, ternyata ada beberapa hal yang membuat jerawat dan biang keringat berbeda. Jangan sampai tertukar, berikut ini perbedaan jerawat dan biang keringat.

1. Penyebab
biang keringat

Jerawat dan biang keringat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh partikel kecil dari lingkungan. Namun, yang membedakan antara keduanya adalah jenis partikel penyumbatnya.

Bruce Robinson, M.D., seorang ahli dermatologi dari American Academy of Dermatology, mengungkap kepada Men’s Health bahwa jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh bakteri dan sel-sel kulit mati. Bakteri yang masuk lantas terjebak di dalam pori-pori dan memicu peradangan.

Sementara itu, biang keringat terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh keringat. Akibatnya, aliran oksigen dari luar jadi sulit masuk ke dalam kulit dan menyebabkan timbulnya benjolan kecil berwarna merah, mirip seperti ruam.

2. Ciri-ciri
jerawat setelah melahirkan

Ketika menemukan benjolan merah di punggung, jangan buru-buru menganggapnya sebagai jerawat punggung, ya! Walau sama-sama berwarna kemerahan, hal tersebut justru bisa jadi tanda biang keringat. Supaya tidak tertukar, perhatikan ciri-cirinya.

Ciri-ciri jerawat yang khas adalah benjolan berwarna merah dan tengahnya berwarna putih berisi nanah. Jerawat yang muncul biasanya hanya satu atau dua buah, entah itu di wajah, dada, punggung, atau area tubuh lainnya.

Bentol karena biang keringat juga berwarna kemerahan, tapi bentuknya lebih mirip seperti ruam. Berbeda dengan jerawat, biang keringat biasanya bersifat menyebar, tidak berisi nanah, dan terasa gatal.

3. Cara mengatasi
obat salep pereda nyeri

Karena gejalanya berbeda, maka cara mengatasi jerawat dan biang keringat tentu akan berbeda pula.

Bagi Anda yang punya masalah jerawat, Anda bisa menggunakan salep khusus jerawat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Kedua zat tesebut dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah sel kulit mati untuk menyumbat pori-pori.

Sedangkan untuk Anda yang mengalami masalah biang keringat yang bikin gatal, gunakan krim atau losion yang mengandung mentol atau hidrokortison 1%. Bahan aktif tersebut akan meringankan gatal dan menyamarkan ruam biang keringat.

Obat jerawat dan obat biang keringat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Namun, jika jerawat Anda semakin membengkak atau biang keringat terasa makin panas, maka segera konsultasikan ke dokter kulit. Hal ini bisa jadi pertanda infeksi yang harus cepat-cepat ditangani.

4. Cara mencegah
tips memilih sabun mandi

Olahraga adalah pemicu utama jerawat dan biang keringat karena menyebabkan tubuh berkeringat. Semakin banyak keringat yang keluar, maka semakin besar kemungkinan pori-pori kulit tersumbat oleh bakteri, sel kulit mati, atau keringat itu sendiri.

Begitu selesai olahraga atau beraktivitas, segera mandi untuk membilas bakteri dan kotoran yang menempel pada kulit. Setelah itu, gunakan baju yang longgar supaya sisa-sisa keringat lebih cepat menguap dari kulit. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari jerawat yang bisa muncul di bagian tubuh manapun.

Kalau sudah, segera tinggalkan tempat gym yang udaranya cenderung lembap. Tempat yang kelembapannya tinggi bukan hanya jadi lingkungan favorit bagi bakteri, tapi juga membuat keringat lebih sulit menguap dari kulit. Hal ini tetap bisa memicu biang keringat, meskipun Anda sudah mandi sebelumnya.

Setelah itu, jangan lupa juga untuk perbanyak minum air putih dingin untuk mengusir biang keringat. Selain mencegah dehidrasi, sensasi dinginnya akan membantu menenangkan tubuh sekaligus membiarkan keringat menguap tanpa menyumbat pori-pori.

Comments

Popular posts from this blog

Ciri-ciri Sahabat Sejati

Hello Guys ! ;;) Ketemu lagi dengan gue, yang udah lama enggak posting ;D Hari ini gue bakal kasih tau kalian, bagaimanasih ciri-ciri sahabat yang bener bener sahabat/sahabat sejati itu? Penasaranan? Yukkkk langsung ajadeh ;) Guys ini menurut pengalaman gue yah ;) setelah gue jalanin persahabatan bertahun-tahun , baru sekarang gue tau sahabat sejati itu yang seperti apa :) dan ini perlu lo lo semua tau , biar ENGGAK ketipu sama yang pura-pura jd sahabat doang. 1. Sahabat Sejati selalu merangkul Sahabat selalu ngerangkul kamu apapun keadaan kamu, disaat kamu sedih,sakit,maupun susah BUKAN  hanya merangkul disaat kamu sedang bahagia dan tidak ada masalah saja. 2.Sahabat Sejati tidak pernah membicarakan kamu dibelakangmu Jika memang dia benar benar seorang sahabat dan menyayangimu, dia tidak akan pernah membicarakan kamu dibelakangmu,  tidak pernah mengumbar curhat/rahasiamu, tidak pernah membicarakan kesalahanmu dibelakangmu. Kembali kepada nomor 1 tadi, Sahaba

Ciri-Ciri Lelaki Gay (HOMO)

1. Suka memuji ketampanan lelaki lain 2. Suka menyentuh atau mencuit tubuh badan lelaki lain 3. Suka merenung lelaki lain dengan pandangan tajam 4. Suka menarik perhatian lelaki yang diminati 5. Sukar memuji kecantikan seorang wanita 6. Ada juga yang menutup-nutupi sifat Gay-nya dengan cara berpenampilan seperti lelaki yang menyukai perempuan 7.Bersifat angkuh jika melihat perempuan cantik maupun yangn sederhana 8.Jika didekati oleh perempuan dia sekeras mungkin akan berusaha untuk menghindari perempuan tersebut

Sheila On 7 - Lapang Dada

Apa yang salah dengan lagu ini Kenapa kembali ku mengingatmu Seperti aku bisa merasakan Getaran jantung dan langkah kakimu Ke mana ini akan membawaku Kau harus bisa Bisa berlapang dada Kau harus bisa Bisa ambil hikmahnya Karena semua Semua tak lagi sama Walau kau tahu dia pun merasakannya Di jalan yan setapak kecil ini Seperti ku mendengar kau bernyanyi Kau tahu Kau tahu Rasaku juga rasamu Kau harus bisa Bisa berlapang dada Kau harus bisa Bisa ambil hikmahnya Karena semua Semua tak lagi sama Walau kau tahu dia pun merasakannya Ke mana ini akan membawaku Aku takkan pernah tahu Kau harus bisa Bisa berlapang dada Kau harus bisa Bisa ambil hikmahnya Karena semua Semua tak lagi sama Walau kau tahu dia pun merasakannya Mengirim cahaya untukmu